Sangat Mudah – Cara Cek Plat Nomor Online Motor Dan Mobil


Sangat Mudah – Cara Cek Plat Nomor Online Motor Dan Mobil

Cek Plat Nomor Online – Nah sebagai warga negara Indonesia, tentu kalian memiliki KTP yang berfungsi sebagai identitas diri. Begitu juga dengan kendaraan bermotor yang memiliki STNK, BPKB dan plat nomor sebagai identitasnya.
Cara Cek Plat Nomor Online Motor Dan Mobil

Sangat mudah mengetahui asal usul sebuah mobil dari plat nomornya, posisi yang terpampang jelas di bemper depan dan belakang mobil jadi alasan. Siapa saja bisa melihatnya, tanpa kesulitan. Dan beda dengan STNK dan BPKB yang pasti letaknya tersembunyi, setidaknya kalian harus mengenal pemilik mobil terlebih dulu, baru bisa melihat kedua surat-surat tersebut.

Plat nomor bukan sembarang besi lempengan dengan deretan huruf dan angka saja. Guna plat nomor juga sebagai bukti yang sah terkait izin beroperasi di jalan raya. Tanpa komponen tersebut motor dan mobil dikategorikan bodong alias tidak boleh jalan.

Bisa dipastikan setiap kendaraan yang melintasi jalanan memiliki plat nomor yang berbeda. Aturan ini sebenarnya tidak hanya berlaku di Indonesia saja dinegara lain, di seluruh penjuru dunia pun, setiap kendaraan memiliki identitas berupa plat nomor.

Tampilannya mungkin berbeda, tetapi saja berisi deretan huruf dan angka. Mau tahu lebih detail soal plat nomor kendaraan ?? bagaimana cara mengetahui identitas kendaraan dari plat nomor ?? Lewat bahasan ini, kamia kasih tahu jawaban lengkapnya, sekaligus ada tips untuk melakukan cek plat nomor secara online yang sangat mudah, mau tahu sebagai berikut:

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Tanpa Online “ Kasat Mata”

Plat nomor ialah identitas resmi setiap kendaraan bermotor. Selain cek plat nomor secara online, kalian dapat mengidentifikasi secara manual. Caranya cukup melihat kombinasi huruf dan angka di plat nomor setiap kendaraan.

Huruf yang ada di depan mengindikasikan lokasi asal kendaraan. Contohnya saja F, pasti dari Bogor, kemudian B asal Jakarta dan lain-lain. Kemudian empat angka di tengah, menampilkan jenis kendaraan. Misal khusus sepeda motor dapat angka 2000 s/d 6999. Kendaraan penumpang beda lagi, angkanya 1 s/d 1999.

Untuk kode huruf setelah angka, itu menggambarkan detail lokasinya. Contoh seperti di gambar: DL, maka bisa dipastikan asal dari Kota Bogor. Dan sementara untuk angka paling bawah di Plat Nomor, itu untuk mengetahui masa berlakunya. Jika tertera 11. 20, maka November 2020 harus ganti dengan yang baru.

Arti Kode Huruf Depan Plat Nomor Wilayah Sumatera



Arti Kode Huruf Depan Plat Nomor Wilayah Jawa



Arti Kode Huruf Depan Plat Nomor Wilayah Bali dan Nusa Tenggara



Arti Kode Huruf Depan Plat Nomor Wilayah Kalimantan, Sulawesi Maluku, dan Papua



Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

Dan salah satu car cek plat nomor online melalui laman resmi samsat. Sebenarnya cara paling mudah melakukan pengecekan ialah mendatangi kantor Samsat terdekat. Mintalah bantuan pada petugas untuk melakukan pengecekan untuk kalian, beritahukan terlebih dahulu alasannya.




Jika petugas merasa alasan yang kalian kemukakan tidak ada hubungannya dengan tindak kriminal, pengecekan pun bisa dilakukan. Namun tidak sedikit pengendara motor beranggapan bahwa cara ini terlalu rumit dan memakan waktu.

Terlebih jika kalian ialah seorang pekerja yang sibuk, tentu saja harus mendatangi kantor Samsat hanya untuk melakukan pengecekan plat nomor sedikit merepotkan. Dan tidak perlu khawatir karena masih ada cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengecek plat nomor motor dan mobil tanpa harus mendatangi kantor samsat, apa saja ??

Menggunakan Layanan Pesan Singkat Berbayar Atau SMS

Sebenarnya cara cek pakai layanan ini sudah lama digaungkan oleh pihak Samsat demi memudahkan masyarakat dalam melakukan pengecekan plat nomor kendaraan. Namun masih belum banyak masyarakat yang menyadarinya karena minimnya informasi yang diterima. Oleh karena itu, simak kembali bagaimana cara cek plat nomor dengan menggunakan SMS berikut ini.

Layanan pesan singkat berbayar alias SMS ini membantu memudahkan kalian untuk mengetahui beragam informasi terkait kendaraan, mulai dari merek, warna, jenis kendaraan, tahun produksi, hingga identitas kepemilikan motor dan mobil tersebut.

Sayangnya, layanan pengecekan ini belum tersebut merata di seluruh Indonesia, sehingga manfaatnya belum bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Area yang didukung oleh layanan ini antara lain DKI Jakarta, Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Cara penggunaan layanan SMS untuk setiap daerah yang terdukung pun tidak sama. Untuk daerah DKI Jakarta, kalian bisa menggunakan fitur ini dengan cara kirim SMS dengan format Metro “spasi” Nomor Polisi ke nomor 1717.

Lalu untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah, caranya ialah ketik JATENG “spasi” Nomor Polisi dan Kirim ke 9600. Dan sementara untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, formatnya JATIM “spasi” Nomor Polisi dan kirim ke 7070.

Dan untuk wilayah Provinsi Jawa Barat ketik info “spasi” Nomor Polisi “spasi” warna kendaraan, kirimkan ke 08112119211. Area Kepulauan Riau dengan format Kepri “spasi” Nomor Polisi ke nomor 9969 dan format DIY “spasi” Nomor Polisi ke nomor 9600 untuk area Yogyakarta.
Cek Plat Nomor Online Lewat Laman Resmi Samsat
Cara cek nomor berikutnya selain melalui layanan SMS ialah dengan mengakses laman resmi Samsat masing-masing daerah. Untuk bisa mengaksesnya tentu perangkat seluler, kalian harus dihubungkan dengan koneksi internet yang cukup mumpuni.

Melalui laman resmi Samsat, informasi mengenai motor dan mobil yang kalian dapatkan tidak jauh berbeda dengan melalui layanan SMS. Supaya lebih mudah kalian bisa mengakses E-Samsat Jakarta dengan menuliskan nomor plat nomor dan tekan ikon “cari”.

Lalu untuk area Jawa Barat pengecekan bisa dilakukan melalui laman resmi Polda Jabar. Pun untuk daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang bisa diakses melalui E-Samsat Jatim. Khusus untuk area Banten, bisa melalui lamam resmi Pemprov Banten dengan mengetik “info PKB” pada kolom pencarian, area Aceh dan lainnya pun tidak jauh berbeda.

Demikianlah pembahasan mengenai Cek Plat Nomor Online semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.


Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel