Sangat Penting Penggantian Oli Mesin Dan Saringan Oli Pada Motor

Sangat Penting Penggantian Oli Mesin Dan Saringan Oli Pada Motor – Pelumasan adalah untuk mengirim minyak pelumas kebagian-bagian yang berputar atau bergesekan, membentuk lapisan pelumas pada bagian yang bergesekan atau mengurangi gesekan dan menurunkan temperatur agar mengurangi keausan dan agar dapat beroperasi dengan halus.

Pada mesin empat langkah pelumas untuk melumasi silinder, piston, dan mekanisme katup. Pelumas bertekanan dikirim untuk melumasi crankshaft dan mekanisme katup, silinder dan piston dilumasi dengan pelumas yang terpercik dari crankshaft dan connecting rod. Jadi oli mesin sangatlah penting bagi perawatan mesin untuk itu pergantian pelumas yang sudah dianjurkan menurut standarnya adalah sebagi berikut :
Penggantian oli mesin
  • Ganti pada 500 km pertama atau 1 bulan dan setiap 2.500 km atau 3 bulan.
  • Tegakkan sepeda motor atau standar dua.
  • Letakkan sebuah baskom atau gayung untuk penampung oli dibawah mesin.
  • Lepas penutup lubang pembuangan oli.
  • Kencangkan penutup lubang pembuangan oli mesin, sesuai batas kekencangan yang diijinkan selanjutnya buka atau lepas penutup pengisian oli lalu masukkan oli baru melalui lubang pengisian oli, penggantian oli mesin tanpa penggantian saringan oli memerlukan oli mesin sebanyak 950 ml.
  • Gunakan oli mesin standar API klasifikasi SF atau SG dengan viskositas SAE 20W – 50 atau yang sesuai anjuran standar pabrikannya.

Penutup lubang pembuangan oli mesin kekencangan : 18 N.m ( 1,8 kgf-m )
Pastikan mesin dalam keadaan dingin.
Posisi motor masih keadaan tegak atau masih standar dua.
Hidupkan mesin dan biarkan beberapa menit pada putaran mesin idle.
Matikan mesin dan tunggu beberapa menit kemudian periksa ketinggian oli pada penutup lubang pengisian oli atau dengan melihat kaca ukuran di cover kopling bila di bawah tanda L tambahkan oli hingga mencapai batas F.

Penggantian saringan oli
  • Ganti pada 500 km pertama atau 1 bulan dan setiap 7.500 km atau 9 bulan.
  • Keluarkan oli mesin seperti yang dijelaskan pada prosedur penggantian oli mesin.
  • Lepas penutup saringan oli dan saringan oli.
  • Ganti saringan oli dengan yang baru.
  • Pasang pegas dengan benar.
  • Oleskan sedikit oli mesin pada O-ring.
  • Pasang penutup saringan oli dan kencangkan baut-bautnya dengan benar.
  • Baut penutup saringan oli kekencangan : 10 N.m ( 1,0 kgf-m )

Catatan :
Sebelum memasang saringan oli baru dan penutup saringan oli.
Pastikan pegas dan O-ring sudah terpasang dengan benar.
Tanda panah pada penutup saringan oli harus berada dibawah.
Pasang klem pada baut.
Tambahkan oli mesin baru dan periksa ketinggian oli seperti yang dijelaskan pada prosedur penggantian oli mesin.

Viskositas oli dan klasifikasi oli :
  • 20W-50 ( SAE )/SF or SG ( API )
  • Jumlah oli mesin yang diperlukan
  • Penggantian oli : 950 ml
  • Penggantian oli dan saringan : 1.050 ml
  • Bongkar mesin : 1.100 ml

Catatan :

Pastikan saringan oli telah terpasang dengan benar karena bila tidak mesin akan rusak.
Tambahan untuk motor matic,
Oli gigi reduksi ( oli girbox )

Periksa setiap 7.500 kam atau 9 bulan
Tegakkan sepeda motor
Letakkan baskom oli dibawah tempat gigi, dan keluarkan oli dengan melepas penutup lubang pembuangan oli dan penutup lubang pengisian.
Kencangkan penutup lubang pembuangan oli dan masukkan oli baru melalui lubang pengisian oli.

Viskositas dan klasifikasi oli : SAE 20W-50 klasifikasi SF atau SG atau yang dianjurkan standar pabrikan.

Oli gigi reduksi yang dibutuhkan
Penggantian oli : 100 ml
Bongkar seluruh : 110 ml

Demikianlah pembahasan mengenai Sangat Penting Penggantian Oli Mesin Dan Saringan Oli Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.


sumber otosena

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel