Meringkas Fungsi dan Warna Kabel Body Motor Honda Karisma (KPH)
Friday, May 8, 2020
Edit
motorcycle parts - Sepeda motor semakin bertambahnya tahun maka semakin banyak dan motor - motor lama juga pastinya tidak akan dirawat karena para pemiliknya juga sudah mempunyai yang baru jadinya dengan terpaksa motor yang lama pun akan dibiarkan tanpa adanya servis rutin bulanan.
Dengan begitu maka semakin banyak pula motor - motor tua yang akan menjadi bangkai padahal masih layak untuk digunakan, tetapi saya rasa tidak untuk di indonesia karena orang indonesia tergolong orang - orang yang pintar dalam melakukan modifikasi makanya barang lama pun bisa di sulap menjadi barang antik yang nantinya masih bisa digunakan untuk kebutuhan sehari - hari.
Saya mau sedikit mengulas mengenai meringkas jalur pengapian pada sepeda motor karisma, seperti yang kita ketahui motor karisma adalah motor yang sudah lumayan tua jika kita hitung mungkin umurnya juga sudah belasan tahun mungkin semakin kedepan juga bakalan puluhan tahun, dengan semakin tuanya motor tersebut juga pasti akan membuat penampilan motor itu bakalan berkurang baik dari segi fisik yang ketinggalan jaman maupun dari segi performa juga bakalan menurun, untuk itu bagi anda yang masih mempunyai motor karisma tetapi masih ingin menggunakan untuk harian dan ingin membuang kabel - kabel yang sudah tidak terpakai mari kita bahas untuk mengatasinya.
Sebagai keterangannya dari jalur kabel tersebut saya akan menjelaskannya, untuk kabel warna Kuning itu adalah kabel untuk lampu penerangan depan dan ujung satunya menuju ke Spull lampu, kabel warna Hijau itu adalah kabel Massa (-) atau arus Negatif sambungkan semua kabel warna Hijau tersebut menjadi satu dengan yang warna Hijau lainnya kemudian kaitkan pada sasis atau mesin motor, kabel warna Hitam strip kuning itu adalah kabel dari CDI yang kemudian menuju ke KOIL, kabel warna Merah itu kabel arus Positif (+) dari Kiprok kemudian menuju ke AKI dan jangan lupa untuk pemasangannya harus sesuai skema untuk pemasangan kunci kontaknya, kabel warna Biru strip kuning yaitu kabel Pulser yang ada pada bak magnet kemudian menuju ke CDI motor, kabel warna Putih adalah kabel dari Spull pengisian.
Dari keterangan skema tersebut saya hanya membuat jalur pengapian pada motor karisma dengan sedikit tambahan untuk lampu depan saja, berarti untuk jalur kabel yang saya buang juga banyak seperti kabel untuk panel Speedo meter, kabel Lampu sein, kabel Lampu rem, kabel jalur untuk Stater elektriknya, dan juga kabel pada Klakson dan kabel Saklar - saklar yang ada pada batok belakang kepala sepeda motor.
Silahkan anda mempraktekkannya sesuai skema yang sudah saya buat untuk mempermudah dalam pengerjaanya lepas semua dulu kabel - kabel yang ada pada rangka motor tersebut kemudian mulai rakit jalur pengapiannya mulai dari awal supaya tidak acak - acakan dalam proses perakitannya soalnya ini berhubungan dengan arus listrik, jika salah dalam pemasangannya bisa - bisa konslet dan kebakar baik itu Kiprok maupun CDI nya, makanya harus teliti terlebih - lebih masih terlalu awam dalam kelistrikan motor, jika ragu lebih baik bawa ke bengkel kepercayaan anda saja sambil di lihatin dan sambil belajar untuk memahaminnya.
Sumber servismesinmotor