Waspada !! Inilah Sederet Penyebab Motor Matic Tiba-Tiba Mati


Waspada !! Inilah Sederet Penyebab Motor Matic Tiba-Tiba Mati

Penyebab Motor Matic Tiba-Tiba Mati – Motor matic merupakan salah satu kendaraan yang paling diminati di tanah air. Hal ini karena transmisinya sangat praktis dan tidak perlu mengganti gigi seperti motor manual.

Kalian hanya perlu mengontrol dua komponen yakni gas dan rem saja. Inilah yang membuat motor matic lebih disukai banyak orang terutama kaum hawa. Bagasi yang luas serta posisi berkendara yang nyaman pun menjadi alasan lain mengapa motor ini punya banyak penggemar.

Dan sayangnya banyak pengendara motor matic yang mengalami mogok mendadak. Bukan karena bensin habis, tapi karena hal ini. Motor mati mendadak tanpa ada tanda-tnda terlebih dahulu. 

Langsung terjadi dan mati di tengah jalan.

Kejadian seperti ini sering sekali bikin panik terutama bagi yang tidak paham soal mesin. Apalagi jika sedang berada di tengah perjalanan dan sedang menuju acara penting. Meskipun motor dalam kondisi baik, namun hal ini bisa saja terjadi. Lalu apa sih sebenarnya penyebab motor matic tiba-tiba mati ??

Pada Mesin Mengalami Kehilangan Kompresi

Penyebab motor matic tiba-tiba mati yang utama ialah karena mesin motor kehilangan kompresi atau karena terhentinya proses pembakaran di mesin. Alhasil mesin pun akan jadi mati dan susah dihidupkan kembali.

Lalu apa sih yang menyebabkan motor kehilangan kompresi ?? jika di duga ini biasanya disebabkan oleh settingan yang memaksa konsumsi BBM motor yang dipaksa terlalu hemat. Hilang kompresi disebabkan karena setelan bensin terlalu kering atau kurang bensin. Ini menyebabkan motor akan cepat panas dan akhirnya jadi mogok.

Dan kasus mogok ini sering sekali terjadi pada jalan turunan. Dan saat turunan banyak pengendara yang menutup gas secara penuh. Karena setelan kering ruang bakar kekurangan bensin yang akan mengakibatkan motor mati.

Nah supaya motor tetap menyala ada baiknya bukaan gas disisakan sedikit agar mesin tidak mengalami gejala kurang bensin. Kadang mogok ini juga bisa dikarenakan bahan bakar yang tidak sesuai. Ini biasanya karena penggunaan oktan yang rendah dan tidak sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan motor.
Kekurangan Atau Kehabisan Oli

Kekurangan atau kehabisan oli ternyata juga bisa jadi salah satu sebab motor matic mati mendadak. Hal ini akan menyebabkan piston ring yang sudah lemah akan menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih. Oli bisa jadi juga mengenai busi motor dan membuatnya mati.

Jika hal tersebut sudah dilakukan tapi mesin masih tidak menyala bagaimana ?? jika mesin masih sulit menyala maka kompresi perlu dipancing dengan meneteskan oli ke ruang bakar.

Itu tadi merupakan salah satu alasan motor matic yang baru mati tiba-tiba. Lantas bagaimana dengan motor matic lama yang sering mogok ?? Lantas apa penyebab motor matic tiba-tiba mati ?? Penyebab mati mendadak bisa jadi karena sistem pengapian yang sudah menurun.

Sumbernya bisa jadi dari koil atau busi yang sudah kotor atau sudah saatnya untuk diganti. Jika motor mogok yang awal harus dilakukan ialah cek busi, koil dan CDI. Cek busi terlebih dahulu, ada tiga warna yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi busi. Coklat muda hingga tua kondisi busi baik. Hitam mengindikasikan campuran terlalu basah atau bisa juga busi sudah lemah.

Jika busi berwarna coklat muda sekali maka campuran udara dan bensinnya terlalu irit atau kering. Jika yang bermasalah koil mesin akan susah untuk distarter. Jika yang bermasalah ialah CDI percikan api pada busi akan hilang sama sekali dan mbrebet di putaran tinggi.

Memang permasalahan dari motor matic tiba-tiba mati ialah kelistrikan dan kompresinya. Jika bahan bakar yang habis motor akan mengalami gejala tersendat terlebih dahulu sebelum akhirnya mogok atau mati.
Lantas Apa Yang Harus Dilakukan Saat Motor Matic Tiba-Tiba Mati ??

Lantas apa sih yang sebaiknya dilakukan saat motor matic tiba-tiba mati ?? yang pertama ialah jangan panic. Tetaplah bersikap tenang karena pasti akan bisa diperbaiki. Tepikan motor matic ke pinggir jalan dan standar tengah.

Putar kunci dalam keadaan motor mati, pastikan tidak ada masalah dengan sistem injeksinya. Tempatkan stop kontak dalam posisi ON. Dengarkan apakah ada bunyi pada sistem injeksi di bagian kiri jok.

Jika masih ada bunyi maka sistem injeksinya tidak bermasalah. Selanjutnya tarik gas secara penuh selama beberapa saat. Jangan dilepas, setelah itu coba starter motor dengan kombinasi kick starter dan tombil electric starter secara bergantian. Lakukan beberapa kali sampai motor kembali menyala.

Demikianlah pembahasan mengenai Waspada !! Inilah Sederet Penyebab Motor Matic Tiba-Tiba Mati,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

sumber : teknikotomotif

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel