Tips Bongkar/Pasang Mur Dan Baut Besar supaya Terhindar Dari Kerusakan


Yuk Simak,, Tips Bongkar/Pasang Mur Dan Baut Besar ( Terhindar Dari Kerusakan )

Mur Dan Baut – Nah selain mur dan baut ukuran kecil, pada motor tipe bebek sport sampai matic juga ada peranti tersebut yang ukuran lebih besar. Maksudnya dimensi pengunci atau pengikat antar komponen itu tidak seperti rata-rata mur/baut yang ada pada motor kebanyakan.

Seperti contoh mur/baut di blok mesin atau di cover bodi. Nah mur/baut ukuran besar yang dimaksud biasanya ada pada as roda depan dan belakang, engine mounting dan as lengan ayun semua tipe motor.

Ciri-cirinya ukuran baut lebih besar juga panjang dengan kepala baut yang sama besar dengan mur pasangannya. Lantas bagian tengah baut tidak berulir seperti pada umumnya, yang lazim kepala baut dan ulir di semua bagian batangnya.

Mur/baut besar ada di as roda depan dan belakang. Meski dimensinya besar, jangan sembarang juga memperlakukannya. Sebab kalau sembarang risikonya bukan cuma rusak parah namun sulit juga mencari penggantinya, maka untuk menghindarinya ini triknya mudahnya.

Lantas Sebaiknya Mur Yang Dilepas Atau Dikencangkan ??

Nah hindari masalah sebaiknya mur yang dikendurkan dan dikencangkan. Baut dan mur ukuran besar seperti yang terlihat pada as roda, engine mounthing atau lengan ayun, biasanya dibagian tengah batang as tidak berulir alias polos atau rata.

Namun hanya akan terlihat sedikit di salah satu ujungnya saja. Untuk bagian yang rata biasanya digunakan sebagai penampang dudukan komponen yang akan diikat sekaligus dihubungkan. Yang sehingga bagian permukaan yang rata “tidak berulir”, tidak akan merusak komponen lain. Terutama bila sistem kerja komponen fleksibel alias dapat bergerak dan berputar.

Dan begitupun dengan baut-mur engine mounting yang berdimensi besar dan ada diantara baut biasa dan as roda. Bahkan kalau dilihat bentuknya, biasanya hampir sama dengan baut as roda yang bagian tengahnya tidak berulir.

Dan keduanya sudah pasti ada pasangannya yakni mur dengan ukuran yang hampir sama dengan kepala baut. Karena fungsi mur bukan cuma sebagai penyatu baut, tapi juga sebagai pengikat komponen agar lebih terkunci sempurna.

Dan cuma yang perlu diingat saat akan mengendurkan atau mengencangkan mur/baut as roda, as lengan ayun dan baut engine, jangan sekali-kali gunakan kepala baut sebagai pemutarnya. Meskipun sudah gunakan kunci ring atau sok yang lebih aman dari terjadinya efek slek.

Dan apabila kalau mau aman pada saat akan melepas mur/baut pakai toolkit sebaiknya jangan dari kepala baut. Akan lebih baik jika mur yang ada di baut yang dikendurkan atau dikencangkan.

Hal ini untuk menghindari kepala mur slek atau baut patah, karena beban putarnya jauh lebih berat dari pada lewat mur.

Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,, Tips Bongkar/Pasang Mur Dan Baut Besar ( Terhindar Dari Kerusakan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.


sumber : teknikotomotif

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel