Ini Cara Yang Benar Memilih Busi Yang Cocok


Ini Cara Yang Benar Memilih Busi Yang Cocok – Busi merupakan komponen yang dapat menghasilkan pinjaran api diantara elektrodanya ( dari pusat elektrodanya ke ground ) untuk membakar campuran udara dan bahan bakar pada saat busi menerima tegangan tinggi dari coil pengapian.
Saat campuran bahan bakar dan udara meledak temperature naik sekitar 2500 c dan tekanan menjadi 50 kg/cm di ruang bakar sehingga busi harus tahan terhadap kondisi kerja yang berat tersebut.


Syarat-syarat busi
  • Ketahanan mekanis yang tinggi
  • Tahan terhadap panas yang tinggi
  • Harus tahan pada tekanan yang tinggi
  • Daya isolatornya tidak berpengaruh terhadap perubahan temperatur
  • Dapat menghasilkan pijaran yang baik dalam temperatur dan tekanan yang tinggi
  • Mempunyai energy panas yang sesuai
Untuk memilih busi yang cocok pada kendaraan yaitu :
Ukuran panas busi
Kecocokan pemakaian busi bisa ditentukan dari ukuran panas busi, derajat panas untuk penggunaan busi bergantung dari type dan kondisi pemakaian/penggunaan mesin. Ukuran panas busi dibuat untuk menyelesaikan kondisi kerja mesin dan seberapa panas busi bekerja. 

Type panas dan type dingin
Busi terbagi menjadi 2 type, untuk type 1 adalah yang susah melepaskan panas yang disebut busi type panas dan sangat mudah menjadi panas.



Sebaliknya busi yang mudah melepaskan panas dan juga mudah untuk menjadi dingin disebut busi type dingin.

Pada gambar diatas arah panah mengindifikasikan arah pelepasan panas dari busi ke cylinder head. Type panas mempunyai volume gas yang lebih banyak, sehingga jalur perpindahan panasnya lebih jauh terutama karena insulatornya lebih panjang sehingga lebih sulit untuk membuang panas.

Selanjutnya insulator menerima panas dalam cara yang lebih luas, busi akan bekerja lebih panas. Kebalikannya type dingin akan bekerja pada temperatur yang lebih rendah.
Faktor yang menentukan panas busi


  • Jarak antara elektroda tengah dan isulator ( ukuran volume gasnya )
  • Konduktivitas thermal dari insulator dan corter electrode
  • Konstruksi dari elektroda
  • Dimensi gap dari insulator ignition tip
  • Faktor yang menentukan temperatur busi
  • Ratio campuran udara bensin
  • Ratio compresi
  • Timing pengapian
  • Kualitas bahan bakar
  • Kecepatan mesin dan kondisi pemakaian
  • Kondisi pola ulir busi
  • Kontamendasi Dan Busi
Karbon deposit yang hitam dapat terbentuk dibusi ketika bahan bakar terbakar tidak sempurna. Biasanya disebabkan ratio udara bahan bakar yang tidak tepat. Deposit karbon akan terbakar pada temperatur 4500 – 8700 C ( pembersihan sendiri ) sehingga temperatur busi sangat menentukan terbentuknya deposit karbon.
Penyebab deposit
  • Penarikan choke yang berlebihan
  • Campuran yang terlalu kaya
  • Temperatur busi terlalu rendah karena pemakaian putaran rendah
  • Penggunaan busi type dingin
  • Berkurangnya kompresi karena pemakaian sehingga oli masuk dan keluar dari bahan bakar
  • Timing pengapiannya telat
  • Kontak point platina yang jelek, coil, kapasitor, coil pengapian dan atau kabel tegangan tinggi
Busi bisa hitam dan basah sebelum dikirim ke pemakai untuk pertama kalinya, hal ini disebut dengan “ pre-delivery contamination ”. Penyebab lainnya adalah pemakaian yang “ stop and go driving ” penarikan choke yang berlebihan dan poros busi tidak mencapai temperatur “ pembersihan sendiri ”.
Busi terbakar
Panas busi dapat berlebih dan mungkin busi terbakar, setelah pemakaian yang terlalu lama, jalan menanjak, beban yang berlebihan dan kecepatan tinggi yang terus menerus. Jika pemakaiannya terus menerus, timing pengapian menjadi lebih cepat dan masalah berkurangnya tenaga, berkurangnya kecepatan atau bahkan piston dan businya dapat terbakar.

Penyebabnya

  • Campuran terlalu panas
  • Tidak adanya gasket busi
  • Pengapian terlalu cepat
  • Deposit di ruang bakar
  • Oktan bahan bakar terlalu rendah
  • Type busi terlalu panas

Demikianlah pembahasan mengenai Ini Cara Yang Benar Memilih Busi Yang Cocok semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.


Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel